Di taman Kyai Langgeng, Bukit Tidar, Magelang ada pesawat terbang terdampar dalam keadaan baik dan sempurna. Nama pesawatnya Kyai Langgeng Airlines. Seluruh komponen pesawat mulai dari kockpit, tempat duduk, pelampung, bagasi sampai mesin pesawat masih berfungsi dengan maksimal, apalagi disertai pramugari yang menjelaskan secara langsung kegiatan yang biasa dilakukan dalam pesawat.

Itulah berita yang saya lihat pagi tadi pada segmen Jalan-Jalan di ANTV.

Pesawat itu memang terdampar tapi bukan karena kecelakaan melainkan memang di desain sebagai bagian dari objek wisata di taman Kyai Langgeng. Ini sebuah ide yang jeli, setidaknya saya belum pernah melihat pesawat utuh bukan replika yang benar-benar dihadirkan sebagai wahana wisata. Anak-anak TK dan SD terlihat didampingi oleh orang tua mereka banyak yang berkunjung. Bahkan ada sempat mencoba mengemudikan pesawat melalui ruang pilot.

Menurut pengelolanya, pesawat tersebut dibawa dengan kontainer dari Bandara Juanda Surabaya ke Magelang. Dalam kontainer body pesawat dibagi dalam 4 bagian dan selanjutnya dirakit kembali setelah sampai di Magelang. Kurang lebih menghabiskan 2 miliar dari proses perpindahan pesawat.

Bagi saudara-saudara kita yang belum pernah melihat atau naik pesawat, tentu wahana wisata ini akan sangat bermanfaat. Sangat baik juga bila dijadikan pelajaran di luar kelas oleh lembaga pendidikan.

0 tanggapan: