Selasa, Juni 10, 2008

Pesona Sapardi Djoko Damono

Semua karya sastra dalam pandangan saya mestinya mengandung kemanfaatan, keindahan dan kebijaksanaan. Dengan kata yang lebih ringkas saya ingin katakan karya sastra haruslah menggugah.

Salah satu yang termasuk karya sastra adalah puisi. Ada yang menitikkan air mata ketika mendengar puisi dibacakan, ada yang tak sanggup berkata-kata ketika membaca sebuah puisi, bahkan ada yang terdiam dan terpana beberapa saat setelah musikalisasi puisi dimainkan.

Itulah yang saya maksud dengan menggugah.

Seolah puisi mempunyai daya magis, tapi pembaca boleh tidak setuju kok.

Salah satu puisi yang saya suka adalah karya-karya Sapardi Djoko Damono kadang ada yang menyingkat SDD.

Seperti puisi berjudul Aku Ingin berikut ini :

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Beberapa diantara puisi yang lain dapat pembaca nikmati disini



0 tanggapan: